KKN

                                             STATUS DAN BEBAN KREDIT KKN

KKN diselenggarakan oleh LPPM/LPM/LP3M Perguruan Tinggi baik negeri/swasta, dan merupakan salah satu mata kuliah wajib atau pilihan bagi mahasiswa jenjang Strata Satu (S1), dengan beban kredit 3 SKS (satuan kredit semester), yang terdiri dari 1 SKS teori dan 2 SKS praktik (tentatif tergantung kebijakan Perguruan Tinggi), maka rinciannya adalah 1 SKS teori equivalen dengan 50 menit tatap muka per minggu x 16 minggu.  Satu SKS praktek di lapangan equivalen dengan 6-8 jam praktik per minggu x 16 minggu, sehingga KKN dengan 2 SKS praktik equivalen dengan 32-35 hari di lapangan.  Apabila KKN diberi bobot 3 SKS di lapangan equivalen dengan 48 hari di lapangan.  Selama KKN tidak boleh mengikuti kegiatan baik intra maupun ekstra kurikuler di kampus. Diikuti oleh semua program studi atau bidang keahlian (multidisiplin).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENYETARAAN KKN

View page »

KKN TEMATIK

KKN tematik adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang orientasi program kegiatannya terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalahan kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah wilayah tertentu (Kabupaten/Kota). Page ini adalah halaman yang berisi info seputar pelaksanaan KKN dari awal pelaksanaan hingga akhir pelaksanaan KKN Tematik.

View page »

KKNMuhammadiyah Untuk Negeri

KULIAH KERJA NYATA MUHAMMADIYAH UNTUK NEGERI Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah untuk Negeri (KKNMU Untuk Negeri) adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pembelajaran dan pemberdayaan melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat oleh sebuah atau beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). KKNMU dilaksanakan dengan prinsip co-creation (gagasan dari berbagai pihak terkait), co-financing (dukungan dari …

View page »

KKNKhusus

KKN KHUSUS Kuliah Kerja Nyata Khusus (KKN Khusus) adalah KKN yang diselenggarakan karena adanya keadaan khusus, seperti Bencana Alam, Kegiatan Persyarikatan Muhammadiyah, Lasidatarnas, dan kegiatan lain sejenis.

View page »